Selasa, 08 Desember 2015

KONSEP DASAR AKUNTANSI MANAJEMEN

KONSEP DASAR AKUNTANSI MANAJEMEN


Biaya

Biaya adalahkasataunilaiekuivalenkas yang dikorbankanuntukmendapatkanbarangataujasa yang diharapkanmemberimanfaatsaatiniatau di masa datangbagiorganisasi. Biayaoportunitas adalahmanfaat yang diserahkanataudikorbankanketikasuatualternatifdipilihdaribeberapaalternatif. Beban adalahbiaya yang kadaluarsa.Sebagaicontoh, manajerharusmemilikitujuanmenyediakannilaibagipelanggan yang samabesar ( ataulebihbesar ) denganbiaya yang lebihrendahdari para pesaingnya.Dengancaraini, posisistrategisperusahaanakannaikdankeunggulankompetitifakantercipta.Manajerjugaharusmemahamiapa yang dimaksuddenganbiayapeluang(opportunity cost).

ObjekBiaya

SistemAkuntansiManajemendibuatuntukmengukurdanmembebankanbiayakepadaentitas, yang disebutdenganobjekbiaya. Objekbiaya adalahsetiap item sepertiproduk, pelanggan, departemen, proyek, aktivitas, dsb, dimanabiayadiukurdandibebankan. Akhir-akhirini, aktivitasmunculsebagaiobjekbiaya yang penting.Aktivitas adalahsuatu unit dasardaripekerjaan yang dilakukandalamsebuahorganisasi.

KeakuratanPembebanan

Keakuratan adalahsuatukonsep yang relatifdanharusdilakukandenganwajarsertalogisterhadappenggunaanmetodepembebananbiaya. Tujuannyaadalahuntukmengukurdanmembebankanbiayaterhadapsuberdaya yang dikonsumsiolehobjekbiaya. Pembebananbiaya yang terdistorsidapatmenghasilkankeputusan yang salahdanevaluasi yang buruksertamenimbulkanpemborosan.
Ketelusuran (Treaceability)
Biayatidaklangsung adalahbiaya yang tidakdapatdenganmudahdanakuratdilacaksebagaiobjekbiaya. Biayalangsung adalahbiaya yang dapatdenganmudahdanakuratditelusurisebagaiobjekbiaya. 


MetodePenelusuran

Ketelusuran berartibahwabiayadapatdibebankandenganmudahdanakuratsedangkan penelusuran adalahpembebananaktualdaribiayakeobjekbiayadenganmenggunakanukuran yang dapatdiamatipadakonsumsisumberdayaolehobjekbiaya. 2 carapenelusuran :
  1. Penelusuranlangsung, adalahsuatu proses pengidentifikasiandanpembebananbiaya yang berkaitansecarakhususdansecarafisikdengansuatuobjek.
  2. penelusuranpenggerak, adalahsuatu proses pengidentifikasian yang menggunakandalil-dalilsebabakibatuntukmengidentifikasiberbagaifaktor.
PembebananBiayaTidakLangsung.

Pembebananbiayatidaklangsungkeobjekbiayadisebut alokasi. Karenatidakterdapathubungankausal, pengalokasianbiayataklangsungdidasarkanpadakemudahanataubeberapaasumsi yang berhubungan.Sebagaicontoh, pengalokasianbiayatidaklangsungpadaproduk(objekbiaya) mungkindibutuhkanuntukmemenuhiperaturanpelaporaneksternal.Walaupundemikian, manfaatmanajerialdaripembebananbiayaumumnyalebihbaikdalamhalkeakuratan.Jadi, paling tidak, penelusurandanalokasipembebananbiayasebaiknyadilaporkansecaraterpisah.


BIAYA PRODUK DAN JASA

Output organisasiadalahprodukberwujudataujasa. Produkberwujud adalahbarang yang dihaslkandenganmengubahbahanbakumenjadipenggunaantenagakerjadan input modal. Jasa adalahtugasatauaktiitas yang dilakukanbagiseseorangpelangganatauaktivitas yang dijalankanolehseorangpelanggandenganmengguanakanprodukataufasilitasorganisasi. Jasaberbedadenganprodukberwujuddalam 4 dimensipenting :ketidakberwujudan (intangibility), tidaktahan lama (perishability), tidakdapatdipisahkan (inseparability), danheterogenitas (heterogenity).

Biaya Yang BerbedaUntukTujuanBerbeda

Biayaproduk adalahpembebananbiaya yang mendukungtujuanmanajerial yang spesifik. Rantainilai adalahseperangkatdarisemuaaktivitas yang dibutuhkanuntukmerancang, mengembangkan, memprodusi, memasarkan, mendistribusikan, danmelayaniproduk.

BiayaProdukdanPelaporanKeuanganEksternal

Salah satutujuanutamasistemmanajemenbiayaadalahkalkulasibiayaprodukuntukpelaporankeuanganeksternal. Biayadikelompokkankedalam 2 katagorifungsionalutama :produksidannonproduksi. Biayaproduksi adalahbiaya yang berkaitandenganpembuatanbarangdanpenyediaanjasa. Biayanonproduksiadalahbiaya yang berkaitandenganfungsiperancangan, pengembangan, pemasaran, distribusi, layananpelanggan, danadministrasiumum.
Ada tigaelemenbiaya yang dibebankandalamprodukdalampelaporaneksternal
Bahanlangsung adalahbahan yang dapatditelusurikebarangataujasa yang sedangdiproduksi.Sebagaicontoh,besipadamobil, kayupadaperabotan, kainpada jeans, dan alcohol padaparfum, semuanyamerupakanbahanlangsung.

Tenagakerjalangsung adalahtenagakerja yang dapatditelusuripadabarangataujasa yang sedangdiproduksi.

Overhead adalahsemuabiayaproduksiselaindaribahanlangsungdantenagakerjalangsung.

BiayaPenjualandanAdministrasi
Biaya-biaya yang diperlukanuntukmemasarkan, mendistribusikan, danmelayaniprodukataujasamerupakan biayapenjualan. Seluruhbiaya yang berkaitandenganpenelitian, pengembangandanadministrasiumumpadaorganisasi yang tidakdapatdibebankankepemasaranataupunprodksidikelompokkansebagai biayaadministrasi.

BiayaUtamadanKonversi
Biayautama adalahjumlahbiayabahanbakulangsungdanbiayatenagakerjalangsung. Sedangkan biayakonversi adalahjumlahbiayatenagakerjalangsungdanbiaya overhead.

  
SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TRADISIONAL DAN KONTEMPORER

SistemAkuntansiManajemenTradisional :TinjauanSingkat
SistemAkuntansiManajemenTradisionalhanyamemusatkanpadaukuran-ukuran output aktivitas yang didasarkanpada volume roduksi. Pendekatantradisionalmengansumsikanbahwasemuabiayadapatdiklasifikasikansebagaibiayatetapatauvariabelsesuaidenganperubahan unit atau volume produk yang diproduksi. Karenaitu, kitadapatmengaakanbahwapembebananbiayatradisionalcenderungmenjadialokasiintensif.

SistemAkuntansiManajemenKontemporer : TinjauanSingkat
Tujuankeseluruhansistemmanajemenbiayakontemporeradalahuntukmenngkatkankualitas, kepuasan, relevansidanpenetapanwaktuinformasibiaya. Padaumumyalebihbanyaktujuanmanajerial yang dapatdipenuhidengansistemkontemporerdaripadadengansistemtradisional.Sisteminimenekankanpenelusuranalokasi; dapatdisebutpenelusuranintensif.
PilihanSistemAkuntansiManajemen


No
Tradisional
Kontemporer
1
Penggerakberdasarkan Unit
Penggerakberdasarkan unit dannonunit
2
AlokasiIntensif
PenelusuranIntensif
3
Kalkulasibiayaproduk yang sempitdankaku
Kalkulasibiayaproduk yang luasdanfleksibel
4
Fokuspadapengelolaanbiaya
Fokuspadapengelolaanaktivitas
5
Informasiaktivitasjarang
Informasiaktivitasdirinci
6
Maksimisasikinerja unit individual
Maksimisasikinerjasistemkeseluruhan
7
Mengunakanukurankinerjakeuangan
Menggunakanbaikukurankinerjakeuanganmaupun non keuangan



DAFTAR PUSTAKA



Hansen/Mowen. 2013. AkuntansiManajemen . Jakarta. Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar